Posted by : BLOG SEDERHANA Friday, January 8, 2016



Predikat sebagai dosen killer adalah penghargaan atau gelar teringgi yang diberikan oleh sekumpulan mahasiswa untuk sang dosennya.

Dalam kamus besar bahasa Inggris – Indonesia, killer diartikan sebagai pembunuh, yakni orang yang melakukan perbuatan kekerasan sehingga dapat menghilangkan nyawa orang lain. Dosen killer adalah sebuah makna kias sebagai profesi seorang dosen. Hal itu bukan berarti dosen yang membunuh mahasiswa dalam artian menghilangkan nyawa, tetapi dosen yang sangat berpengaruh dalam menciptakan mahasiswa menjadi seorang yang bernalar kekerasan.
Killer dalam profesi dosen biasanya tidak melakukan kekerasan secara fisik, namun lebih bersifat pada kekerasan ranah ilmiah dan kekerasan mental (penghilangan kreatifitas). Dalam melakukan penilaian terhadap mahasiswa dosen killer biasanya mempunyai parameter tersendiri, istilah orang jawa menyebutnya “sak penake dewe”. Ia tidak mau eksistensinya sebagai seorang dosen (apalagi yang senior) disamakan, apalagi dibawah mahasiswa dalam hal keilmuan dan hubungan atau relasi dengan mahasiswa.
Kekerasan mental dan ilmiah ini bisa di lihat dalam proses belajar mengajar di kampus. Dalam mempertahankan eksistensi kedosenannya, ia bisa bersifat keras dan egois. Apalagi dalam menghadapi kelakuan mahasiswa yang “mbandel” dan “ngeyel” ketika melakukan debat/diskusi ilmiah. Karena merasa mempunyai derajat, eksitensi, dan segala label yang lebih dibanding mahasiswanya, maka semua ke-ngeyel-an itu tidak akan berarti apa-apa dihadapan dosen killer ini. Biasanya mahasiswa harus tunduk dan sendiko dawuh terhadap apa yang diperintahkan sang dosen. Jika perintah itu dilanggar, maka ganjaran yang akan diperoleh mahasiswa adalah tidak lulus atau diluluskan dengan nilai D, bahkan E.
Semua itu membuat mahasiswa akan merasa takut untuk bertindak. Karena resiko kesalahan sedikit saja akan berakibat fatal bagi kelulusannya. Jika memang demikian maka tinggal tunggu saja tanggal main dan kehancurannya. Proses inilah yang disebut sebagai kekerasan ilmiah dan mental.

Followers

Welcome to My Blog

- Copyright © Blog Sederhana -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -